Sunday, May 10, 2009

Seiyu : Job Mapan di Japan

 

Seiyu (声優) atau dalam bahasa Indonesia adalah pengisi suara, istilah keren bahasa inggris-nya yaitu Dubber. Seiyu adalah sebutan nama lain untuk pengisi suara atau dubber di jepang, mereka umumnya bekerja di Radio, Televisi dan Film. Seorang Seiyu mengandalkan suara untuk film non jepang, cerita narasi dan juga bekerja sebagai pengisi suara karakter anime maupun video game.

 

Penggunaan kata Seiyu di jepang, untuk membedakan antara aktor suara dengan aktor sesungguhnya. Bahkan di jepang, ada majalah tentang informasi dan perkembangan aktor/aktris Seiyu yaitu Voice Animage, yang sudah populer dan berjalan cukup lama.

 

180px-Voice_Animage-cover

Jepang merupakan negara yang memproduksi anime terbesar di dunia dengan menyumbangkan 60% total serial anime yang ada. Karena Industri anime yang menjadi begitu penting dan juga sebagai pemberi devisa negara, Seiyu mampu meraih popularitas di level nasional dan menjadi lapangan pekerjaan yang menjanjikan.

 

Bahkan mampu mengalahkan aktor jepang (film dan drama) di level internasional. Ini juga adanya dukungan oleh pemerintah Jepang dengan membuka institusi yang mendukung pengembangan karir Seiyu, hal ini bisa terlihat dengan berdirinya 131 sekolah Seiyu serta pemberian penghargaan untuk Seiyu yang meraih prestasi.

 

Ada 3 hal yang membuat Seiyu menjadi Job yang mapan

  • Profesionalitas mereka dihargai dengan adanya asosiasi berupa Tokyo Broadcasting Drama Troupe (東京放送劇団 ,Tōkyō Hōsō Gekidan) yang diselenggarakan oleh NHK dan beberapa televisi Swasta.
  • Naiknya popularitas televisi terutama ketika kurangnya produksi Drama dan film dalam negeri, sehingga membuat pihak Televisi untuk membeli hak siar acara luar negeri dan disinilah permintaan akan Seiyu meningkat.
  • Meledaknya pangsa pasar dunia akan film serial animasi. Sehingga permintaan akan Seiyu lebih tinggi daripada aktor.

    Pekerjaan yang dijalani oleh para Seiyu ini umumnya peran yang menggunakan suara :

     

    1. Anime

    Peran seorang Seiyu pada suatu anime ada pada saat timing perekaman suara karakter dengan gambar yang ada dilayar. Sebelum menyelesaikan perekaman suara karakter, ada dua metode perekaman suara. Di jepang, metode yang sering dipakai yaitu melakukan perekaman suara ketika anime sudah selesai dibuat. Atau bisa juga perekaman suara dilakukan sebelum anime selesai dibuat dan itu tergantung dengan jadwal produksi.

     

    2. Dubbing ke dalam Bahasa Jepang
    Pada kasus drama luar negeri, film, kartun animasi, berita dan dokumentasi, perekaman suara harus sesuai dengan timing agar seperti yang terjadi di layar. Agar suara yang di dubbing bagus, suara yang asli volumenya dikecilkan atau tidak memunculkan suara yang asli. Perekaman suara ini biasa dilakukan untuk berita dan Drama luar negeri, pengadaan audisi perlu dilakukan untuk pengambilan peran ini.
    3. Video Games
    Tidak seperti peran dubbing di animasi/anime, di dalam video game, suara lebih dahulu direkam dan dipilih berdasarkan keinginan pemain game. Pada pengisian suara ini, Seiyu hanya menggunakan sepotong kalimat atau naskah dan harus sesuai dengan gerakan didalam video game. Pengambilan suara pun dilakukan terpisah dengan yang seiyu yang lain. Honor/gaji yang diterima oleh seiyu tergolong besar dan itu belum ditambah dengan adanya permberian royalti.
    Masih banyak yang bisa dideskripsikan tentang seiyu, karena pekerjaan dan bidang kegiatannya cukup luas. Banyak aktor/aktris yang menjadi Seiyu dan begitu juga sebaliknya, dari Seiyu menjadi aktor/aktris. Tidak hanya itu, bahkan para Model Bikini atau adult video juga ada yang menjadi Seiyu untuk anime/video game.

    Comments :

    2 comments to “Seiyu : Job Mapan di Japan”

    klo di indonesia g mana ya?...

    @ Coy said...
    on 

    kalo di Indonesia kurang tau tentang kesejahteraannya.

    ga pernah ada liputan kayak di jepang sana

    ^DiLoG^ said...
    on 

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar!! Tapi harus di moderasi dulu yah :)