Tuesday, March 31, 2009

Asal Mula Sojobo (Tengu Konoha)


Asal Mula Sojobo (Tengu Konoha)


Seperti yang Kita ketahui bahwa Klan Uchiha adalah Turunan dari Sojobo dan Ninja wanita Klan Hyuuga. Madara Uchiha adalah anak dari Sojobo yang merupakan Raja Tengu. Mungkin ada yang tidak mengetahui apa itu Tengu...disini saya akan mencoba memberikan penjabaran mengenai Tengu.



Tengu (天狗 ?, "heavenly dogs") adalah mahluk yang tergolong supranatural bagi masyarakat jepang. Mereka juga dikenal sebagai yōkai (monster-spirits) dan terkadang dianggap sebagai Shinto kami (sejenis arwah or dewa). Meskipun nama mereka diambil dari sejenis anjing-seperti Hantu China (Tiangou), Tengu biasanya berwujud Burung Pemangsa dan mereka terkadang tergambar sebagai Karakter gabungan antara Manusia dan Burung.


Menurut Genpei Jōsuiki seperti yang tertulis pada akhir masa Kamakura, seorang dewa muncul di Go-Shirakawa dan memberikan penjelasan detail mengenai Tengu. Dewa tersebut berkata bahwa mereka yang menjadi Tengu karena sebagai seorang Budha, mereka tidak dapat jatuh ke neraka seperti seorang yang penuh dosa, tapi mereka juga tidak dapat naik ke surga. Tengu juga menampakkan diri dalam bentuk manusia. Menurut para dewa, setiap Tengu mempunyai derajat yang sama. Tengu dapat dibedakan menjadi dua : Daitengu (大天狗, big tengu ) dan Kotengu (小天狗, small tengu ).


Hayashi Razan (Seorang Filosofi) membuat daftar daitengu yang terkenal seperti Sōjōbō dari Kurama, Tarōbō dari Atago, dan Jirōbō dari Hira. Tengu dari Kurama dan Atago merupakan Tengu yang paling terkenal.


Berikut ini adalah daftar Daitengu (大天狗, big tengu ) menurut Inoue Enryō yaitu :
Sōjōbō (僧正坊 ?) of Mount Kurama
Tarōbō (太郎坊 ?) of Mount Atago
Jirōbō (二郎坊 ?) of the Hira Mountains
Sanjakubō (三尺坊 ?) of Mount Akiba
Ryūhōbō (笠鋒坊 ?) of Mount Kōmyō
Buzenbō (豊前坊 ?) of Mount Hiko
Hōkibō (伯耆坊 ?) of Daisen (mountain)
Myōgibō (妙義坊 ?) of Mount Ueno (Ueno Park)
Sankibō (三鬼坊 ?) of Itsukushima
Zenkibō (前鬼坊 ?) of Mount Ōmine
Kōtenbō (高天坊 ?) of Katsuragi
Tsukuba-hōin (筑波法印 ?) of Hitachi Province
Daranibō (陀羅尼坊 ?) of Mount Fuji
Naigubu (内供奉 ?) of Mount Takao
Sagamibō (相模坊 ?) of Shiramine
Saburō (三郎 ?) of Mount Iizuna
Ajari (阿闍梨 ?) of Higo Province


Daitengu sering di gambarkan dengan wujud manusia dan tidak menampakkan wujud aslinya, dan mereka mempunyai hidung yang panjang, mereka juga disebut dengan hanatakatengu (鼻高天狗, tengu berhidung mancung ?). Kotengu dianggap lebih menyerupai Tengu. Beberapa dari mereka juga disebut karasu-tengu (烏天狗, crow tengu ?), atau koppa- atau Konoha-tengu (木葉天狗, 木の葉天狗foliage tengu). Konoha-tengu tercatat dalam sebuah Buku dari tahun 1746 yang berjudul Shokoku Rijin Dan (諸国里人談 ?), Mereka seperti burung memiliki sepasang sayap dengan panjang 2 meter yang biasanya terlihat sedang menangkap ikan di Ōi River.


Sojobo adalah Tengu Konoha yang berasal dari gunung Kurama. Sojobo pun pernah telibat dalam berbagai perang. Menurut catatan pada abad ke 14, Tengu mulai membuat kekacauan di dunia diluar keseimbangan Budha dan seperti pendahulu mereka yaitu tiāngoǔ, Tengu menjadi mahluk yang sering terlibat dalam perang. Legenda bahkan mengatakan mereka mempunyai keahlian dalam pertempuran.



Reputasi ini bisa dilihat dari legenda pejuang terkenal yaitu Minamoto no Yoshitsune. Ketika Yoshitsune masih kecil dengan memakai nama Ushiwaka-maru, ayahnya Yoshitomo dibunuh oleh Klan Taira. Taira no Kiyomori, Pemimpin of the Klan Taira membiarkan Ushiwaka-maru untuk tetap hidup kemudian Ushiwaka-maru lari ke sebuah kuil di Gunung Kurama dan menjadi seorang biksu. Tapi suatu hari di lembah Sōjō-ga-dani, Ushiwaka bertemu dengan Tengu Kurama yaitu Sōjōbō. Sōjōbō mengajarkan ilmu perang dan pertempuran kepada Ushiwaka dengan harapan dia akan membalas dendam pada Klan Taira.




Technorati : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Del.icio.us : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Ice Rocket : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Flickr : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Zooomr : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Buzznet : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Riya : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
43 Things : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments :

0 comments to “Asal Mula Sojobo (Tengu Konoha)”


Post a Comment

Silahkan berkomentar!! Tapi harus di moderasi dulu yah :)